Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Rumah Tangga 900 – 1500 watt

Merakit-Pembangkit-Listrik-Tenaga-SuryaMembuat pembangkit listrik tenaga surya untuk kebutuhan rumah tangga dengan daya antara 900 hingga 1500 watt bisa dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan listrik sendiri jika areanya belum tercover layanan PLN atau hanya sebagai sumber daya cadangan jika terjadi pemadaman listrik yang tak menentu.

Jika dibandingkan dengan tagihan listrik PLN ataupun voucher pulsa listrik memang operasional PLTS pribadi ini terhitung masih cukup mahal. Namun hal ini bertujuan sebagai sarana antisipasi jika lokasi anda sering terjadi gangguan listrik sehingga mengganggu aktifitas sehari hari yang memerlukan sumber daya listrik.

Keuntungan menggunakan listrik dengan solar panel

  • Mengurangi biaya listrik jangka panjang karena tidak dapat dipungkiri bahwa kita menggunakan listrik seumur hidup.
  • Mengurangi ketergantungan pada listrik dari pemerintah.
  • Menghindari dampak pemadaman saat harus mengejar deadline, sementara komputer tidak bisa dinyalakan.
  • Turut mengurangi pemanasan global karena sistem solar panel menghasilkan energi yang ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi.

Biaya dan pemasangan pembangkit listrik solar panel

Berikut ini kami berikan uraian tentang kisaran biaya merakit serta pemasangan pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah tangga.

Pertama dimulai dari perhitungan berapa kapasitas daya yang dibutuhkan serta berapa jam akan digunakan.

Tentunya lebih diuntungkan jika beban yang menggunakan solar panel dinyalakan pada malam hari. Dengan begini, penggunaan baterai relatif tidak berat dan dimungkinkan jumlah baterai dapat pula dikurangi jumlahnya, karena listrik yang disupply tidak hanya oleh baterai tetapi sinar matahari masih turut memberikan supply.

Mari kita ambil contoh penggunaan sistem solar panel adalah pada pukul 18.00 s/d 06.00 (12 jam).

Jika jumlah total yang diperlukan rata rata 1.000 watt perlu ditambahkan sekitar 20% yang adalah listrik yang digunakan oleh perangkat selain panel surya, yakni inverter sebagai pengubah arus DC (searah) menjadi AC (bolak – balik) (karena pada umumnya peralatan rumah tangga menggunakan arus AC), dan controller (sebagai pengatur arus) yakni menutup arus ke baterai jika tegangan sudah berlebih di baterai dan memberhentikan pengambilan arus dari baterai jika baterai sudah hampir kosong.

Sehingga jika ditambahkan 20%, maka total daya yang dibutuhkan adalah 1.000 x (1.000 x 20%) = 1.200 watt.

Dari 1.200 watt tersebut, jika dibagi 12 V ( tegangan umum yang dimiliki baterai) maka kuat arus yang dibutuhkan adalah 240 Ampere. Maka, jika kita menggunakan baterai yang sebesar 65 Ah 12 V, maka kita membutuhkan 4 baterai (65 x 12 x 2 = 1.560 watt).

Dengan mendapatkan 1.560 watt ini, kita akan mendapatkan jumlah panel yang kita butuhkan, termasuk besarannya yakni sebagai berikut. Jika menggunakan ukuran panel yang 100 wp (watt peak), maka dalam sehari panel ini kurang lebih menghasilkan supply sebesar 100wp x 5 (jam) = 500 watt.

Maka jika 1 panel yang 100 wp mampu memberikan listrik sejumlah 500 watt, didapatkan total panel yang dibutuhkan adalah sejumlah 1.560 watt / 500 watt = 4 panel (baiknya kita lebihkan).

Perihal harga, saat ini sistem ini (sudah berikut seluruh perangkatnya) adalah berkisar US$ 9 -10 per wattnya. Jadi jika menggunakan 4 panel yang 100 wp (sehingga totalnya = 4 x 100 wp), maka estimasi biaya kurang lebih 400 watt x US$ 10 = US$ 4,000.

Dan jika dijadikan satuan harga Rupiah maka tinggal anda konversikan dengan nilai tukar dollar terhadap Rupiah yang saat ini berlaku. Memang akan didapat harga yang cukup mahal namun hal ini tentu akan sangat berguna bagi anda yang benar benar memiliki kebutuhan penting terhadap listrik dan dapar digunakan dalam waktu jangka panjang.

Berikutnya akan kami bagikan ulasan instalasi listrik mengenai paket hemat merakit pembangkit listrik tenaga surya untuk kebutuhan rumah tangga yang lebih murah dan ekonomis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf untuk respon yang lambat karena komentar yang masuk sangat banyak, dan bagi yang tidak mendapatkan reply, kemungkinan komentar masuk ke folder spam karena kepadatan server kami

Advertisement