Model dan jenis mata bor untuk lubang sumur dalam

Banyak jenis dan model mata bor yang digunakan sebagai alat untuk membuat lubang sumur dalam dan berfungsi untuk menembus permukaan atau berbagai lapisan formasi tanah dengan cara diberikan beban. Berikut ini adalah beberapa type mata bor sumur yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

Mata bor DRAG BIT

Jenis-mata-bor-sumurJenis ini tidak memiliki bagian roda yang bergerak dengan gaya mengeruk ketika digunakan dan merupakan alat yang terbilang sudah lawas dan umumnya digunakan untuk melakukan pengeboran permukaan akan tetapi pada saat ini sudah banyak yang beralih ke model roller cone bit.

Model drag bit paling sering digunakan untuk membuat lubang pada lapisan formasi lunak sehingga memiliki nozzle jet untuk menyemprot blandernya agar selalu bersih dan lumpur mampu dengan mudah keluar dari rangkaian batang pipanya. Bagian mata tajamnya dibuat dari macam-macam baja paduan dan pada bagian muka (faced) yang keras umumnya diperkuat dengan tungsten carbide.

Masalah yang sering terjadi dengan alat bor sumur model ini adalah lubang pengeboran sumur tidak bisa lurus (bengkok) serta menghasilkan diameter yang kurang simetris tanpa adanya pemadatan pada bagian sisi lubang.

Mata bor ROLLER CONE

Model-mata-bor-sumurModel ini memiliki bagian kerucut yang dapat bergerak memutar dan berfungsi menghancurkan lapisan bebatuan sehingga paling tepat untuk menembus atau membuat lubang sumur dalam bahkan perusahaan pengeboran minyak juga sering menggunakan mata bor jenis Roller-Cone.

Dengan memiliki mata gigi yang berbeda beda pada setiap bit nya menyesuaikan pada kegunaan jika untuk mengebor lapisan batuan lunak maka memiliki yang bergigi panjang serta jumlah gigi yang sedikit. Begitu sebaliknya jika untuk batuan keras memilih mata bor dengan gigi pendek dan rapat. Sedangkan bagian paling tajam di bedakan lagi menurut komposisi materialnya yaitu Steel tooth bit (Milled tooth bit) dan Insert bit (Tungsten carbite bit)Gigi-gigi dibuat dari karbit tungsten yang tahan keausan. Biasanya mata bor jenis ini digunakan untuk menembus lapisan yang paling keras atau paling abrasif.

Mata bor DIAMOND BIT

Macam-mata-bor-sumurPembuatan lubang sumur dengan menggunakan mata bor jenis ini sifatnya bukan mengeruk atau gigi berputar melainkan dengan cara menggores permukaan karena butir butir intan yang terpasang pada sebuah besi sehingga hasil pengeboran berlangsung sangat lambat. Penggunaan metrial intan masih banyak di pilih hingga saat ini karena merupakan zat padat yang dianggap paling tahan goresan serta paling keras melebihi baja.

Kelebihan mata bor jenis DIAMOND BIT adalah memiliki usia pakai yang lebih awet namun pada era belakangan ini sudah sangat jarang digunakan hanya karena laju proses pengeboran yang kalah cepat oleh model mata bor Roller-Cone.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf sementara belum bisa menjawab komentar, kami terkendala jaringan internet dilokasi proyek saat ini sedang berada di area pedalaman. Terimakasih

Advertisement