test

Memilih Jenis Pompa Air Terbaik dan Paling Tepat Untuk Sumur Dangkal

Jenis pompa air sumur dangkal biasanya digunakan untuk menghisap sumber air dengan kedalaman maksimum 7 hingga 9 meter dari permukaan level air sampai posisi unit mesin pompa ditempatkan. Type pompa ini juga paling lazim dipakai untuk kebutuhan rumah tangga yang memiliki ketersediaan daya listrik sekitar 2 hingga 4 Ampere.

Selain bertujuan agar konsumsi listrik irit, memilih menggunakan pompa air sumur dangkal tentunya harus di sesuaikan dengan kondisi sumber air yang ada dengan tetap memperhatikan spesifikasi pompa yang direkomendasikan.

Namun masih ada sebagian orang yang memaksakan memasang jenis pompa ini untuk di aplikasikan pada sumber air sumur dalam dengan cara memanipulasi letak pemasangannya dengan tujuan menekan biaya belanja. Memang semua ini adalah inovatif dan kreatif untuk menyiasati mahalnya harga jenis pompa air yang asli untuk spesifikasi sumur dalam.

Pompa-air-sumur-dangkal-terbaikMenjelaskan gambar di atas, dengan kedalaman sumur 21 meter semestinya harus menggunakan jenis pompa sumur dalam dan posisi penempatan unit mesin berada pada permukaan tanah. Berhubungan dengan berbagai alasan termasuk biaya dan lainnya, memilih untuk menggunakan pompa air sumur dangkal adalah sebagai alternatifnya dengan metode pemasangan yang dimanipulasi.

Untuk type pompa sumur dangkal yang biasanya memiliki daya hisap sekitar 9 meter namun untuk daya dorongnya bisa mencapai 15 meter keatas. Oleh karena itu model pemasangan unit mesin dengan meletakkan di dalam sumur, kinerja mesin pompa tetap bisa optimal dan tinggal memanfaatkan daya dorong untuk mencapai lokasi yang akan di suplai dengan catatan tidak melebihi spesifikasi yang di ijinkan agar debit tetap maksimal.

Yang paling perlu diwaspadai dengan praktek pemasangan seperti ini adalah memastikan bahwa keselamatan mesin pompa bisa dijaga dari berbagai persoalan yang dapat mengakibatkan mesin rusak diantaranya adalah, ikatan tali penopang harus kuat membawa beban mesin agar tidak terjatuh. Selain itu, memastikan instalasi kabel listrik benar benar aman dari resiko air.

Memilih mesin pompa air sumur dangkal kedalaman kurang dari 10 meter

Memasang-pompa-air-sumur-dangkalSaat ini telah banyak tersedia dipasaran berbagai merek mesin pompa air untuk sumur dangkal dengan harga yang sangat terjangkau dan memiliki kualitas yang cukup baik untuk di andalkan.

Salah satu yang paling populer adalah produk SHIMIZU PS 128 BIT  karena harganya yang sangat terjangkau juga dengan daya listrik yang irit hanya sekitar 125 watt maka sudah sepantasnya jika produk ini menjadi salah satu faforit masyarakat.

Dari pabrikan SANYO juga mengeluarkan type pompa air sumur dangkal yaitu SANYO PH 137A yang dipatok dengan harga sedikit lebih mahal di atas Shimizu PS128 BIT namun secara teknis juga memiliki kinerja yang lebih baik.

Kedua type di atas adalah yang merupakan produk dengan harga paling murah serta terlaris di pasaran dan sangat tepat jika digunakan untuk kebutuhan distribusi air bersih rumah tangga. Untuk melihat produk lainnya yang lebih lengkap serta spesifikasinya bisa anda buka daftar harga pompa air Shimizu dan harga pompa air Sanyo.

Sebagai cacatan penting, ketika akan menentukan sebuah mesin pompa air yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan, hendaklah memastikan untuk mengetahui berbagai faktor yang akan mendukung kelayakan teknis pekerjaan anda dari hal yang paling sederhana yaitu: ukur secara pasti kedalaman sumur dan jarak ayang akan ditempuh pipa suplai serta sesuaikan dengan ketersediaan daya listrik yang ada dirumah anda.<pompair.com>

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

97 KOMENTAR

  1. Saya memiliki sumur bor sedalam 12 meter. Sejak awal di buat belum pernah dipasang mesin pompa air karena proyek sempat terhenti. Lubang pipa casing 4 inch. Pompa air apa yang terbaik dan tepat untuk sumur saya jika nanti akan saya pakai untuk mengisi tandon air setinggi 3 lantai. Dan apakah perlu untuk di bor ulang sebelum di pasang mesin pompa karena sudah terlalu lama mengendap. Terimakasih.

    • Pompa air yang paling tepat untuk sumur bapak adalah jenis pompa sumur dalam (jetpump). Jika nanti akan dipakai untuk mengisi profil tank setinggi 3 lantai atau sekitar 10 meter, tampaknya tidak akan perlu alat tambahan semacam booster pump karena saat ini sudah banyak tersedia pompa dengan spesifikasi daya hisap lebih dari 12 meter dan daya dorong mampu di atas 10 meter. Untuk daftar harga dan spek pompa lebih lengkap bisa dilihat di sini https://pompair.com/harga-pompa-air-shimizu/
      Satu hal lagi jika kondisi sumur sudah lama mengendap, sebelum dipasang pompa akan lebih baik kalau di kuras dulu oleh tukang bor sumur supaya tidak ada endapan yang nantinya akan mengganggu kinerja pompa.

  2. Kalau pompa air terbaik untuk menguatkan tekanan pada water heater apa ya? Sumber air dari tandon yang terpasang setinggi 5 meter tapi tekanan air tetap kecil.

    • Jenis pompa air apapun kecuali model submersible dapat digunakan sebagai penambah tekanan air pada instalasi pipa. Namun saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam merek mulai dari yang murah hingga paling mahal yaitu pompa khusus sebagai pendorong dan menguatkan tekanan air yang pada umumnya dipasang pada area tandon air.

      Sebenarnya dengan ketinggian profil tank 5 meter itu sudah cukup bagus dan tidak memerlukan pompa air dorong jika pemasangan instalasi pipa nya tepat seperti bisa di simak di sini https://pompair.com/solusi-air-kran-mengalir-kecil/

  3. Alhamdu lillah, dengan mengunjungi web ini saya bisa menemukan apa yang telah lama saya cari, yakni pengetahuan teknik pompa air. Web ini sangat baik untuk referensi bagi teknisi, lulusan STM, para hobbyist, pemula, maupun siapa saja yang membutuhkan informasi tentang dunia pompa air. Admin Yth, kalau boleh saya kasih saran, akan lebih bagus lagi ditambah juga uraian tentang servis dinamo pompa air, dan cara gulung dinamo pompa air. Saya kira itu, sedikit saran dari saya, semoga Admin senantiasa di beri panjang umur, sehat wal afiat dan berkah dunia akhirat, amiiin. Terima kasih dan mohon maaf.

    • Terimakasih atas apresiasi dari Pak Heru yang telah berkenan memberikan saran dan masukan untuk website ini. Berhubung Job OFF-line sangat padat maka beberapa waktu ini kami agak kurang melakukan update ulasan terbaru.

  4. Hai Mas, salam kenal. Terima kasih atas blog yang sangat informatif. Saya mau tanya mengenai penggunaan pompa sumur dangkal sebagai alat booster penambah tekanan air dari tandon. Saya awam mengenai masalah mesin air, dan baru tau ternyata ada mesin khusus booster air. Tapi terlajur yang dipasang di rumah oleh tukang saya adalah mesin pompa sumur dangkal dengan pressure switch yang digital. Jadi setiap buka kran maka mesin akan hidup. Menurut Mas apakah hal ini sudah baik dari segi manfaatnya, keawetan mesin, dan konsumsi listrik? Terima kasih atas kesediaannya menjawab ya Mas. Salam, Agus.

    • Iya pak Agus, memang dengan menggunakan pompa sumur dangkal sebagai pompa dorong akan lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli unit pompa boster yang asli. Untuk mekanismenya memang pompa boster lebih memiliki keunggulan pada sistem switchnya yang sudah built in (include).

      Untuk keawetan mesin seperti yang telah pak Agus aplikasikan tetap tergantung dari banyak faktor teknis. namun spintas saya sudah dapat memahami apa yang sudah dilakukan oleh tukang pada sistem instalasi milik pak Agus. dan hal tersebut sudah menjadi standart teknik instalasi pompa air. konsumsi listrik sangat relatif mengikuti pemakaian.

  5. Hai mas, saya mau nanya, tetangga saya punya sumur bor dan dia pakai jetpam. Dan saya buat cabang di pipa yang sama menarik pakai mein sanyo ke rumah saya. Tapi masalahnya mengapa ya mas kerumah saya air jalan tp ke rumah tetangga saya jd gak jalan? Di pancing air nya jalan 5menit mati lagi. Mas sarannya gimana ya pemasangan yang bagus untk 1 sumur bor untuk 2 rumah terimah kasih mas admin, moga mas sucses selalu. Amin.

    • artinya menggunakan satu set pipa hisap untuk menyuplai dua unit mesin pompa? atau pada saluran outlet nya di tarik oleh pompa lain? cara seperti ini memang tidak akan berjalan dengan baik dan pasti akan ada masalah.

      Akan lebih aman jika menumpang pada sumber air pihak lain adalah dengan menggunakan pipa sendiri untuk hisap ataupun outlet nya. namun jika kondisi sumur bor tidak memungkinkan untuk di pasang 2 set pipa hisap, maka lebih praktis dan aman jika anda mengambil jalur dari tandon air milik pihak lain yang tentunya tidak akan mengganggu jalur distribusi mereka. hanya saja anda harus ikut menyumbang biaya listriknya karena pompa akan bekerja lebih banyak.

  6. Selamat malam mas, saya ingin minta saran nih,sumur bor saya dalamnya 9meter menggunakan pompa sumur dangkal,rencananya mau saya sambungkan ke tandon setinggi 3-4 meter,apa bisa?

    • Melani, Sangat bisa, sebab untuk jenis pompa air sumur dangkal yang memiliki daya hisap 9 meter akan tetapi pada dasarnya masih memiliki daya dorong lebih dari 10 meter.

  7. Mas saya baru bor sumur 27 meter mrnggunakan pompa sumur dangkal dan airnya yg keluar tidak konstan kadang besar lalu mengecil terus besar lagi apa solusinya

    • Dicky, jika kedalaman sumur lebih dari 9 meter, sebaiknya memang menggunakan jetpump. Kalaupun memaksakan untuk memakai pompa air sumur dangkal maka sebaiknya pipa hisap menggunakan diameter yang lebih kecil dari standartnya. Meskipun resiko debit air yang dihasilkan juga kurang optimal.

  8. As.mau tanya mas,saya pake sumur pantek kedalaman 12 mtr,pompa air shimizu 108 bit,air yang keluar kecil.apakah pengaruh pemasangan pipa hisap setelah tosen klep disambung lg dgn pipa 2 meter kedasar air yg diberi lobang seperti suling.terima kasih

  9. Aslm.. maaf mas mau nanya nih. Kalo jenis jetpump 30 meter di pasang di kedalaman 10-11 mtr bisa atau tidak.?? Minta saran’y ya mas.mksh

    • Memilih menggunakan jetpump akan lebih aman dari segala resiko jika kelak ada penurunan debit sumber air sehingga kedalaman hisap menjadi bertambah. Setiap jenis jetpump sudah dilengkapi dengan otomatis.

  10. Sy minta solusi ; sy baru bor sumur 11 meter & sy sudah terlanjur beli Sanyo P-WH236C apakah sy harus tuker dengan Mesin Jetpump? Klo iya, sy minta jenis mesin yg cocok untuk kedalaman 11 meter. Mksh

    • Sanyo PWH 236 memiliki daya hisap maksimum 9 meter. Meskipun kedalaman sumur anda adalah 11 meter, yang perlu dipastikan adalah jarak antara unit pompa hingga level permukaan air apakah lebih dari 9 meter? jika lebih dari itu tentu saja pompa tidak dapat bekerja optimal. Pilihan selanjutnya hanyalah melakukan modifikasi spek pipa hisap atau mengganti dengan type semi jetpump yang memiliki daya hisap max 11 meter.

  11. Mas saya mau tanya nih..sumur saya sumur cincin..kedalaman 3 meter..jarak sumur ke rumah 50 meter..mendatar..apakah instalasi jetpump bisa dipasang di rumah saja??

    • Bisa saja dipasang jika spek pompa memenuhi syarat seperti daya hisapnya harus mampu setidaknya untuk 30 meter serta pemasangan pipa hisap harus minim lekukan agar mengurangi resiko masuk angin.

  12. Mas mau nanya.. baru pindahan..
    Sebelumnya pompa air lancar2 saja, shabis renofasi ( waktu renofasi butuh air banyak, tandos atas kecil, jadi pompa sering nyala ) pompa air stelah 30mnit ga ngeluarin air.. kira2 knp ya..?

    -Sumur dangkal ( air lancar, tinggi air 2mter dr tanah)
    -Pipa penyedot 7m dr tanah, pipa 3/4
    -pompa semi jet shimizu
    -tandon di atap lt2
    -pipa output pompa air 3/4, tapi pipa yg sudah ketanam di tembok 1″

    Pompa sudah saya cek kan ke tukan pompa katanya normal.. kira2 apa yg harus drubah..?
    Soalnya sudah 1minggu bingung masalah pompa..

    • Maksudnya apakah setiap setelah 30 menit air berhenti atau memang sudah mati tidak keluat air seterusnya? Jika kejadiannya menerus setiap selang beberapa waktu air berhenti bisa jadi adalah karena pompa mengalami overheat (biasanya mesin akan berhenti juga sampai kembali dingin). Sebaiknya juga di lalukan uji coba dengan memasang pompa tanpa menghubungkan dengan saluran instalasi rumah untuk lebih mudah menganalisa.

    • Iya ternayata pompa airnya yg kurang tenaganya kl 1 hari menyedot samapai 3x isi tandon atas sampai penuh..

      Apa ada rekomendasi pompa air.?
      Sumur dangkal, jarak air dr tanah ga sampai 2 meter air sudah kelihatan berlimpah..
      Tandon atas skitar +- 10mtr dr tanah..
      Tandon atas sudah ada otomatisnya..

      Lebih baik saya beli pompa air tipe apa ya.? Makai pipa input diameter brp dan panjang brp.? Dan pipa outpun diameter brp.?

      Trimakasih sebelumnya..

    • Sebenarnya jenis pompa air sumur dangkal dengan daya hisap 9 meter sudah cukup. Namun pastikan segala aspek pendukungnya juga dalam kondisi normal agar debit airnya optimal. Tegangan listrik yang kurang dari 220V juga berpengaruh meskipun mesin pompa tersebut baru.

      Untuk produk shimizu bisa anda lihat di sini. http://www.shimizu.co.id/products/sumur-dangkal

      Jika jaraknya masih terlalu dangkal (kedalaman level air 2 meter), gunakan saja pipa hisap 1 inch, benamkan pipa hisap sedalam 2 sampai 4 meter dan pipa out ukuran 3/4.

  13. Masbro mertua saya punya sumur bor 21 meter selama ini pke mesin jetpump tp sll bermasalah sering berlumpur dan skr jetpump gak bs lg menghisap air kalo diganti mesin celup kira2 gmn n tlg donk solusi terbaiknya

    • Sebaiknya sumur bor dipasang pipa casing untuk meminimalisir lumpur. Dan pompa celup yang ideal adalah pompa submersible namun tentu saja akan memerlukan biaya lebih mahal dari jenis jetpump.

  14. Mas tanya baru beli pompa untuk air dangkal merek sanyo untuk menyedot air dalam tandon di bawah, untuk di alirkan ke dlm rumah yg memiliki 2 kamar mandi menggunakan shower yg agak besar 2, menggunakan water heater dan mesin cuci sebaiknya menggunakan pemipaan in let dari tandon dan out let kluar dari pompa ukuran brapa yg sesuai, kemarin sudah terlanjur beli pipa untuk inlet nya dari tandon 3″, trus out letnya 1/2″ tapi blum terpasang, minta sarannya, trims

    • Untuk suplay sebaiknya menggunakan pipa instalasi minimal 3/4 karena akan aman dari sumbatan dan tekanan akan lebih baik. Jika menggunakan instalasi dengan pipa 1/2 biasanya ketika ada kran yang dibuka secara bersamaan akan ada salah satu yang alirannya lemah karena kurang mendapatkan debit air.

  15. salam kenal … saya mu tanya, jika saya punya sumur bor pake jet pump, apkah akan mengurangi aliran air ke tetangga yg menggunakan pompa air. trus brp max kedalaman sumur bor untuk pompa air dan jet pump?

    • Tidak ada pengaruhnya dengan sumber air milik tetangga karena sumber air bawah tanah adalah berupa jaringan yang luas. Maksimal kedalaman yang dapat dicapai type jetpump bisa sampai 40 meter.

  16. asalamu’alaikum..mas, permisi mau tanya..saya punya kos-kosan 2 lantai, ada 8 titik utk kran nya. 4 di bawah, 4 di lantai atas.
    Pada saat ini, ketika 4 kran bawah dinyalakan, maka otomatis 4 kran di lantai atas tidak mengalir airnya. Saat ini yang saya gunakan adalah pompa air shimizu PS 130 Bit. untuk sumurnya adalah sumur dangkal..
    jika seumpama pompanya saya ganti dengan pompa jetpump, apakah bisa menjadi solusi ya mas?..mohon saran dan rekomendasi
    *posisi pompa ada di lantai satu

    • Untuk jalur instalasi seperti rumah kos bertingkat, atau seperti bangunan gedung tinggi lainnya, maka akan efektif jika menggunakn water toren di letakkan pada lantai teratas. Kemudian jalur istalasi dari water toren dipecah untuk masing masing lantai.

      Sangat fatal jika jalur distribusi pipa lantai 1 dan lantai 2 hanya menggunakan 1 jalur pipa. Meskipun akan menggunakan pompa untuk mendorong tekanan, tetap saja tidak bisa efektif karena jika kran yang terdekat dengan sumber air sedang dibuka maka debit untuk jelur instalasi di belakangnya akan melemah.

    • Iya benar sekali. Dengan water toren maka distribusi untuk masing masing lantai akan lebih seimbang dan tidak ada yang akan kalah atau kekurangan debit air dengan instalasi yang tepat. Silakan di simak artikel kami “solusi air kran mengalir kecil”

  17. Hallo mas, Salam kenal,
    saya mau minta saran mas, untuk instalasi pompa air dengan kedalaman sumur 21 m , ditambah naik ke atas tandon 8 m
    (1 jalur pipa )
    rencana saya ingin membeli shimizu ps 128, (dengan penempatan pompa di dalam sumur, seperti gambar diatas)
    spesifikasi di mesin tertulis
    daya hisap = 9 m
    daya dorong = 24 m
    tapi saya masih ragu, dengan spesifikasi tersebut secara real apakah mampu mengangkat air sampai ke tandon ?
    sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih untuk informasi dan referensi yang bagus dari web ini

    • Pada dasarnya kebanyakan mesin pompa air lebih bisa dioptimalkan daya dorongnya dari pada daya hisapnya. Jadi misalkan ingin menggunakan PS128 maka tetap usahakan kedalaman hisap tidak lebih dari 9 meter termasuk pipa yang terbenam didalam air.

      Sisanya adalah sebagai jarak tempuh pipa dorong hingga ke tandon air. Melihat ukuran yang bapak sebutkan total head hanya 29 meter, sedangkan untuk PS128 memiliki total head 33 meter jadi kami rasa masih cukup untuk dapat mengalirkan air hingga ke tandon.

  18. Mau tanya pompa air atau jet pump apa yg cocok untuk tandon sy. Pompa tersebut krtinggian meter atau 2 meter dari tandon ke poms di salurkan ke atas tandon ketinggian 4-5 lantai.

    • Minimal harus menggunakan type jetpump jika akan difungsikan untuk mendorong air setinggi 4 sampai 5 lantai.

  19. Mas ad mau tanya sy mau buat sumur bor nih kedalaman sekitar 40-50 meter, menurut tetangga hrs pk mesin atas dan bawah biar debit air lancar dan listrik irit, bener ngak sih? trus pompa air apa yg terbaik saya gunakan? tmks sebelumnya

    • Saya kurang paham maksud memakai mesin atas dan bawah. Kenapa tidak menggunakan 1 mesin saja dengan daya hisap 50 meter dan daya mesin sekitar 500 watt. Tentang irit atau borosnya penggunaan listrik hanya bagaimana cara pemakaian nya saja. Lebih irit listrik jika memiliki water toren dan pompa tidak terlalu sering on off.

  20. hai salam kenal
    saya ada kendala dalam masalah penyodatan air..
    sekarang saya memasang pompa hisap..
    yg saya butuh pompa daya dorong 50 meyer fertikal,
    pompa yang ada ,dayanya hisap 11 meter, daya dorong 18,5 m,,gmn mas agar airnya bisa sampe ke jarak 50 m ke atas,,apa pipanya di kecil atau gmn mas solusinya..
    maksih

    • Minimal harus menggunakan spesifikasi jetpump. Dan ukuran pipa hisap tetap standart sedangkan pompa out bisa diperkecil hingga 1/2 inch.

  21. Om saya habis beli shimizu ps 128..
    Sebaiknya saya makai pipa 1inch apa 3/4 ya.?

    Jarak pipa dr pompa ke mulut sumur 1meter, dr mulut sumur ke air 1meter..
    Kedalaman sumur 13meter..
    Kl musim kemarau.. kdalaman air dr mulut sumur 2.5meter..

    Sbaiknya saya maka pipa ukuran brp ya om biar tandon cepat penuh..? Cz tandon atas cuman kecil..
    Dan pipa penyedot brp meter dr mulut sumur.?

    Tandon di atas tinggi kurang lebih 10mteran..

    Trimakasih sebelumnya..
    Soalnya saya ga d kota.. jadi jarang ahli pompa kyk si om nya..

    • Pasang saja pipa hisap 1 inch dan benamkan sedalam 6 meter kedalam air. karena level air cuma 1 meter dari permukaan dan jarak pompa 1 meter berarti masih memiliki stok sedalam 4 meter dan cukup mumpuni untuk menyuply tandon 1m3

    • Saya buat sumur bor dg kedalaman perkiraan 35- 40 meter. Jns pompa apa yang baik dipakai n merk apa. Terima kasih

    • Bisa menggunakan jetpump. Untuk merek banyak sekali pilihan seperti shimizu, hitachi, sanyo, grundfos, dan saat ini rata rata memiiki kualitas yang tidak jauh bebeda.

    • Ass mas mau tanya ini,air d rmhku sangat keruh dan kekuningan,jenis pompa air yg bgmn yg hrs saya pke spy air d rmhku jd jernih dan tdk berbau serta tdk kekuningan.tlg mas mnt saranx.trima ksih

    • Masalah air keruh atau berbau bukan dipicu oleh jenis pompa yang digunakan melainkan memang kualitas sumber air yang kurang bagus.

  22. Salam kenal mas, sumur bor saya kedalaman sekitar 14 meter tinggi air 10 meter saya pake mesin semi jetpump yang daya hisap 11 meter tetapi koq air yang keluar masih kecil ya mas.
    jarak ke toren sekitar 4 meter dari mesin.
    tolong beri saran dan solusinya mas, kalo di ganti pake jetpump apa bisa sedangkan diameter lubang masih standar.

    • Untuk mesin pompa semi jetpump memiliki daya hisap maksimum 11 meter itu di ukur dari mesin pompa hingga ujung paling bawah pipa hisap. Jika kedalama level air 10 meter, artinya pipa hisap yang terbenam di dalam air hanya ada 1 meter. apabila panjang pipa hisap yang terpasang melebihi 11 meter maka kemungkinan debit air kecil sudah wajar.

      Untuk dirubah menjadi jetpump wajib merubah ukuran diameter lubang sumur menjadi 4 inch.

  23. assalamualaikum…mas mau tanya,apa satu sumur bor bisa buat 2 rumah..dengan 2 pompa dan listrik sendiri-sendiri.dan apa kedepannya bisa awet…

    • Selama diameter lubang sumur bisa untuk memuat 2 pipa hisap masing masing pompa dan dan debit sumber mata air mencukupi tidak akan masalah.

  24. Mas ..
    Sumur cincin 8 m,Tandon 3,5 m,Pipa hisap 6 m
    Mesin nyala +30mnt air ny g kuat naik lg
    Mohon pncerahanya mas
    Sblmny trmksh bnyak !!

    • Menggunakan mesin pompa air merek dan type apa? Apakah setelah 30 menit tersebut sudah tidak bisa menghisap lagi atau harus menunggu beberapa saat kemudian setelah 30 menit tidak kuat lagi?

  25. mas saya mau tanya, sumur bor saya 4 Meter, itu air masih kuning, apa ya yang saya harus lakukan, menambah kedalaman menjadi 20 Meter, serta mesin apa yang tepat yang bisa saya gunakan tipe & merk, dan pipa tipe apa mas,

    • Sumur bor kedalaman 4 meter adalah terlalu buruk karena masih sangat riskan terhadap pencemaran lingkungan. Usahakan membuat sumur bor dengan kedalaman lebih dari 11 meter gunakan pompa jetpump dan minimal diameter lubang adalah 4 inch sudah terpasang pipa casing hingga ke dasar sumur.

  26. Salam kenal mas, samping rumah saya ada air mancur sumber dari dinding tebing dibawah rumah saya, utk smentara air pancuran tdi saya kasih wadah drum yg tingginya 1meter utk penampungannya. Jarak antara drum ke pompa 7 meter. Bagusnya saya make pompa apa yaa mas? Terima kasih

    • Untuk jarak permukaan air hingga pompa kurang dari 9 meter bisa menggunakan jenis pompa sumur dangkal. Mengingat kapasitas tampungan hanya sebuah drum, sebaiknya diameter pipa hisap memakai ukuran 3/4 inch.

  27. permukaan air 7 mtr dasar bibir sumur, dasar sumur 13 meter panjang pipa 11 meter…. akhir2 ini air kecil seklai naik ke atas – tandon dari pompa 11meter – sumur saya juga berpasir…. sehingga lama kelamaan mengikis impeler dan rumah impeler…. apa yg harus saya lakukan untuk membuat aliran air lancar… apakah ganti pompa lagi ( ganti impeler juga sering tapi sepertinya gak bisa karena rumah impeler juga tergerus) kata tukang pompa pipa hisap dinaikkan jadi 8 atau 9 meter.. apakah itu bisa… atau pipa hisap diperkecil jadi uk 1/2…. mohon bantuan tq

    • Apabila menggunakan pompa semijetpump dengan kedalaman pipa 11 meter, sebaiknya tidak perlu memperkecil pipa hisap yang justru akan berdampak pada debit air yang dihasilkan juga akan kecil.

      Dari analisa tersebut, kendalanya memang pada kualitas sumber air yang berpasir sehingga berakibat kinerja pompa tidak optimal apabila ada material yang masuk kedalam impeler. Sebaiknya pipa hisap diangkat lebih tinggi untuk menghindari endapan terhisap pompa.

  28. Pompa sanyo yg bagus dan harga terjangkau untuk sumur 15 meter apa yaa ? Mohon bantuannyaa .. Makasih

    • Untuk kedalaman lebih dari 11 meter sebaiknya memilih pompa type jetpump. Untuk harga kami belum memiliki update harganya pak.

  29. Ass,,mohon sarannya gan,,,saya beli simizu 128 mau dipasang disumur dengan kedalaman 20 m,…rncn pompa diletakan didalam smur. pake ukuran brpa y gan pipa hisab dan tekannya trus berapa pnjng pipa hisabnya. Terimakasih bnyak

    • waalaikum salam, pemasangan dengan cara tersebut memang bisa dilakukan dengan catatan bisa memastikan keamanan unit pompanya. Yang jelas pompa harus diposisikan pada ketinggian antara 5 sampai 7 meter diatas permukaan air dengan pipa hisap ukuran 3/4 inch dan pipa dorong bisa menggunakan diamter 1/2 inch.

  30. Assalamualaikum,,permisi mas,saya mau tanya..
    Di rumah, listrik daya 900watt…saya memakai sumur bor dengan panjang pipa 40m(kata tukang bikin sumurnya),trus saya pake pompa jetpump merk bestdenki yang di pompa nya tertulis daya keluaran 275watt,,daya masukan 700 watt ketika dinyalakan pompanya mudah panas dan setelah kurang lebih 30 menit,langsung bikin mati lampu?
    ,mohon pencerahan nya mas .terima kasih

    • Waalaikum salam, daya masuk artinya adalah kebutuhan listrik untuk dapat menghidupkan (menyalakan dinamo) motor pompa. Sedangkan daya keluar adalah power yang dihasilkan oleh pompa tersebut dalam satuan HP atau PK yang juga seringkali ditulis dengan watt.

      Jika persoalannya pompa seringkali mengalami overheat penyebabnya sangat beragam:
      1 – bisa diakibatkan oleh pemasangan (penempatan) unit pompa tidak pada lokasi terbuka atau ruang sempit kurang sirkulasi udara.
      2 – Kualitas motor (dinamo) meliputi bearing, rotor, kawat email, yang kurang bagus sehingga kumparan akan cenderung lebih cepat panas.
      3 – Pompa sering kekeringan artinya debit sumber air sering telat (minim)

      Semuanya dapat berdampak pompa cepat panas kemudian daya meningkat sehingga sumber listrik yang hanya 900 watt akan kurang untuk menyuplai pompa berakibat MCB drop.

  31. Assalamualaikum wr wb pak sy mau tanya nih.sumur bor sy kedalaman 20 meter pipa hisap 12 meter sy kasih pompa merk wasser kluar kecil pak
    Seblum nya sy pakai semi jet pump jg kluar ny kecil pak mohon bntuan nya pak

    • Waalaikum salam, pompa wasser type apa pak? jika panjang pipa hisap yang terpasang lebih dari 11 meter maka harus menggunakan pompa jenis jetpump agar daya hisap bisa optimal.

  32. Assalamualaikum wr wb
    Pak sy beli pompa wasser semi.otomatis sy pasang dengan pipa hisap 1/2″ Tusen plastik
    Knp kluar nya kecil air nya pak.

    Kdlman sumur bor 20 meter
    Thanks

    • Waalaikum salam, Ketahui terlebih dahulu jenis pompa tersebut termasuk type sumur dangkal maximum kedalaman 9 meter, semijet max 11 meter, atau jetpump untuk kedalaman lebih dari 11 meter.

      Kemudian, diameter pipa hisap sebaiknya minimal menggunakan ukuran 3/4 inch. Untuk tusen plastik tidak akan menjadi pemicu maslah debit air yang kecil.

  33. Assalamualaikum wr. wb.
    Mas saya mau ikutan tanya nih, saya di rumah pake pompa shimizu 130bit untuk dorong air setelah toren, soal pompa dan debit air rasanya tidak masalah, malahahan cenderung terlalu besar, nah yang mau saya tanyakan ; suaranya terdengar bising sekali mendenging.. tidak ada gejala kerusakan sih, tapi kalau saya bandingkan dengan type shimizu 128BIT di kantor saya suaranya jaruh lebih halus yang 128 bit.. normalnya apakah type 130 BIT memang jauh lebih berisik atau karena ada kerusakan di pompa nya.. mohon masukannya ya mas.. terimakasih

    • Waalaikum salam, iya benar pak, jika pompa dalam keadaan hidup dan tekanan meningkat maka akan terdengar lebih bising dibandingkan dengan kondisi mengalir normal tanpa tekanan.

      Untuk membuktikannya apabila pompa tersebut dialirkan tanpa menyuplai instalasi maka suaranya juga akan lebih halus. Jadi suara yang bising bisa dipicu oleh instalasi yang jauh sehingga tekanan didalam impeler cukup tinggi.

  34. Assalamu’alaikum
    bang sumur dangkal saya skitar 24 m, cocoknya pake pompa jenis apa? listrik d rumah saya kecil 450

    • Waalaikum salam, untuk pompa sumur dangkal maksimum hisapnya hanya kedalaman 9 meter, sedangkan jika bapak menggunakan jetpump kendalanya ada pada daya listrik yang tersedia sangat minim.

      Ini spek pompa shimizu untuk sumur dalam dengan daya listrik paling kecil sekitar 300 watt PC-165 BIT

      Fitur Utama :

      Voltage/Hz : 220/50
      Daya Output Motor : 150 W
      Daya Input Motor : 0.33 kW
      Panjang pipa hisap : 15 m
      Daya dorong max. : 13 m
      Head (m) : 7, Kapasitas : 28 l/min
      Head (m) : 22, Kapasitas : 8 l/min
      Pipa hisap 1 1/4 inch
      Pipa tekan : 1 inch
      Pipa dorong : 3/4 inch

  35. rumah saya tinggal kira2 6 tahun lalu adalah sawah, skrg mengunakan mesin air semi jetpump dgn kedalaman 7-9meter, air yg keluar agak keruh & berbau jika sdh 24jam akan butek,lengket. Bagaimana solusinya agar dapat air yg layak.

    • Untuk area bekas sawah sebaiknya membuat sumur bor dalam. Jika masih berkedalaman kurang dari 11 meter dikawatirkan masih bisa tercemar dan belum mendapatkan sumber air murni.

  36. Assalamu’alaikum
    Sumur bor saya 17M, air keluar smp +20cm dr permukaan pipa casing,saya mau tanya pompa apa yang cocok dan brp dim inlet pompa yg harus dipasang, yg irit listrik dan tidak berisik

    • waalaikum salam, Memilih pompa sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi sumber airnya. Kebutuhan berapa liter per hari? Untuk kedalaman lebih dari 11 meter harus menggunakan jetpump. Jika posisi level air kurang dari 9 meter maka bisa menggunakan pompa sumur dangkal yang rata rata membutuhkan daya listrik 125 watt. Ukuran pipa hisap maksimal 1 inch minimal 3/4 inch.

  37. tanya lagi om,
    dengan kedalaman sumur bor 17M, level air 0 meter dari tanah(air keluar sendiri tanpa pompa)
    kebutuhan pompa untuk pengisian toren 1000L, rencana pipa hisap 6M karena posisi level air yang +0m
    apa punya referensi pompa yg irit dan tidak berisik, dan inlet pakai 1 dim??

  38. asslmualikum… mau tanya pak saya memakai mesin SIMITZU yang standa utuk menaikan air dari sumur sedalam 6 mtr dengan ukuran pipa 1 inc sedangan pengeluaran dari mesin saya pake pipa ukuran 3/4 sepanjang 12 mtr dan naik ke tower sepanjang 3 mtr. setelah saya coba, air tidak bisa naik ketower , airnya hanya sampai dibawah tower ….. kira kira solusinya bagai mana pak ,, apakah saya harus mengganti ukuran pipa atu mengganti mesin yang lebih besar tarikanya. terimakasih

    • waalaikum salam, sebaiknya disertakan informasi merek dan type agar bisa kami analisa apakah spesifikasinya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

  39. Assalamu’alaikum gan. ane baru beli pompa,
    spek pompa suct head 9, disc head 22, total head 31, cap 34 ltr/mn, output 100w, rpm 2800, size 1″x 1″, spek sumur dasar 13 mtr, permukaan air 9 mtr, tandon ke atas 4mtr, pake pipa hisap 1″ & pipa keatas 1″ ,
    nah minta solusi gan napa air keluar ke tandon kecil banget ya & berisik, tapi kalo ditaruh bawah/ tanpa dinaikin tandon bisa kenceng & suara halus. apa salah beli pompa atau ukuran pipanya gan untuk sumur ane? atau musti gimana? instalatirnya ane belajar sendiri sapa tau kedepan dapat order hehe… thanks before

    • Waalaikum salam, Apabila spek pompa memiliki daya hisap 9 meter, maka dengan pemasangan pipa hisap sepanjang lebih dari 9 meter akan berdampak kurang optimal pada debit air yang dihasilkan.

      Kemudian jika dipaksakan tetap akan dipasang untuk kedalaman lebih dari 9 meter sebaiknya ukuran pipa diperkecil menggunakan diameter 3/4 inch.

  40. Pompa motor Shimizu 108 bit saat ini air hanya diujung output, saat dikocok bersama motor baru mau keluar air lalu hilang lagi.
    Kedalaman sumur 20m tinggi air 10m, pipa sudah ±4 btg. Suara mesin berisik menggeruk. Apanya yak pak.. Apakah impeler sudah aus… Atau permukaan air yg turun jadi kemampuan hisap pompa berkurang… Usia motor 2 tahun.

    • Untuk kedalaman sumur 20 meter kami rasa sangat tidak tepat jika menggunakan pompa jenis semi jetpump yang notabene hanya memiliki daya hisap maksimum 11 meter.

      Mungkin jika mesin masih dalam kondisi baru maka powernya masih mencukupi, akan tetapi hal ini tentu tidak akan bisa berlangsung lama mengingat spesifikasinya sudah tidak mencukupi untuk kedalaman 20 meter.

  41. Om, mohon pencerahan. Sumur saya kedalaman 6 meter sdh keluar air. Rencana pompa mau diletakkan di bibir sumur. Kemudian dipasang pipa dorong sepanjang 24meter, kemudian baru naik ke toren setinggi 4meter. Spek pompa apa yang harus saya pakai ya? Nuwun

    • Masih cukup mumpuni dengan pompa sumur dangkal yang memiliki daya hisap 9 meter. Perlu diperhatikan bahwa pipa suplai (pipa output) sebaiknya menggunakan diameter yang lebih kecil dari pipa hisap agar jangkauan suplai bisa lebih jauh dan kuat.

  42. Salam..

    Mohon saran dan masukannya..
    Kami sedang mengerjakan pengadaan air untuk sebuh pesantren dari mata air pegunungan berjarak 6.2 KM dengan elevasi 12 M ( menurut maps dan aplikasi HP). Kami gunakan paralon wavin aw 4 meteran, 42 batang 6 inch setelah baik air dan disambung 4 inch sebanyak 1500an… kemaren sempat mengalir besar jarak 5 KM, tapi kenapa sekarang tekanan berkurang. Kami sudah pasang 9 gembosan dipermukaan terendah dan 16 titik air valve dipermukaan tinggi.

    Terima kasih

    • Secara teknis dengan memasang Katup Udara (air release valve) memang sudah sangat tepat untuk jaringan pipa sejauh 6 KM. tetapi perlu diperhatikan bahwa Kecepatan aliran didalam pipa juga dibatasi dengan faktor2 tertentu.

      Kecepatan aliran yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan penggerusan permukaan pipa, sedangkan permukaan yang sangat rendah dapat mengakibatkan pengendapan pada jalur perpipaan dan ini yang seringkali merubah tekanan menjadi mengecil. batas kecepatan aliran didalam pipa yang bisa digunakan adalah sebagai berikut :
      – kecepatan maksimum = 2 – 3 m/det
      – kecepatan minimum = 0,3 m/det.

  43. Assalamualaikum…mhn Petunjuk mas..sy punya sumur kedlman 6 m, pipa pengisapnya 2′. Dari sumber air (sumur) jarak kermh sktr 45m. Daya listrik tersedia dirmh 220/900va khusus untuk pompa tsb. Pertanyaannya…ukuran pompa apa yg bs baik yg sesuai dgn daya tersedia agar debet air cepat terisi dgn menghemat listriknya.Tks

  44. selamat siang,
    mohon saran. saya ada sumur gali kedalaman 9 mtr dan posisi tandon sekitar 8 mtr. jika saya pasang pompa submersible apakah efektif? atau malah pemborosan..

    terima kasih

  45. Maaf saya mau nanya
    Sumur dirumah kedalamannya 14 meter
    Saya gatau yg salah mesinnya atau air disumur yg sedikit jadi air drumah selalu sedikit naiknya

    Kira2 kalau diganti mesin sanyo apa yg cocok untuk sumur saya?
    Terimakasih

  46. Mas saya mau nanya mohon penverahan nya..
    Gini kan mas, saya mau nyedot air dari bak kamar mandi lantai bawah ke kamar mandi lantai 2.. di kamarmandi lantai dua saya oasang water heater dgn shower tiang.
    Kira” pompa type apa yg cocok supaya air yg keluar dari shower kencang.

  47. Mas saya mau bertanya, saya ada tandon bawah tanah kedalaman 2meter rencana pompa saya letakkan didekat tandon air bawah. Ketinggian tandon air atas 5meter dan jarak horizontal dari tandon atas ke tandon bawah 60 meter dengan beberapa belokan. Kira kira jenis pompa apa yg cocok dan seri apa yg ada dipasaran. Terimakasih

  48. Mau tanya mas, klau sumur bor kedalaman 24 meter, lalu rumah lantai 2, bagus nya menggunakan mesin pompa air apa?? Ada mesin shimizu model ps 226 bit yang digunakan untuk air pdam, apa bisa juga digunakan untuk sumur bor kedalaman 24 meter, mohon pencerahan nya mas

    • Untuk kedalaman 24 meter, minimal harus menggunakan unit pompa dengan daya hisap 30 meter supaya kinerjanya optimal. Mesin type tersebut hanya direkomendasikan untuk sumur dangkal max 9 meter kedalaman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini