Masalah putaran mesin pompa air melambat

Mesin-Pompa-Air-Lemah-LambatApakah putaran mesin pada pompa air anda terdengar atau terlihat melambat tidak seperti biasanya? Jika mendapati kejadian seperti ini maka anda harus segera melakukan tidakan awal untuk mengantisipasi kerusakan pompa air yang lebih fatal.

Penyebab putaran mesin pompa air melambat bisa terjadi karena kondisi fisik komponen mesin khsususnya bagian dynamo itu sendiri ada masalah pada bagian part tertentu (rotor, bearing, spul, impeller) dan satu lagi bisa disebabkan oleh system kelistrikannya.

Untuk kerusakan pompa air secara fisik yang bisa dilihat secara langsung seperti bearing (laker) aus, pecah, angker yang tergerus, kumparan terbakar, maka tindakan bisa langsung di ambil dengan penggantian spare part atau servis kanibal atau bisa juga modifikasi. Perawatan mesin pompa secara berkala sejak pemasangan sebenarnya dapat mencegah timbulnya permasalahan tersebut karena akan segera diketahui tanda tandanya lebih awal sebelum menjadi lebih parah.

Penyebab lain putaran mesin pompa air melambat

Putaran mesin pompa air melemah atau lambat yang disebabkan oleh jalur kelistrikannya bisa anda lakukan pemeriksaan mulai dari:

Tegangan (voltase) Listrik. Dynamo yang bekerja dibawah suplai tegangan normal akan membuatnya bergerak lebih lamban bahkan bisa saja berhenti tidak berputar sama sekali. Hal ini tidak sama dengan pengukuran daya yang tersedia. Daya adalah kapasitas dalam satuan watt sedangkan tegangan adalah di ukur dengan satuan volt.

Penurunan tegangan listrik yang menuju mesin harus dalam batas yang di ijinkan sesuai sepesifikasi pompa. Meskipun terdapat selisih 3 hingga 5 volt hal ini masih dalam batas aman dan mampu membuat putaran mesin pompa anda normal.

Sedangkan penyebab tegangan itu sendiri drop adalah bisa karena jaringan listrik di lokasi daerah anda atau mungkin terdapat kesalahan instalasi pada rumah anda sendiri, seperti contoh paling ringan adalah kurangnya massa yang menjadi penghantar arus balik hingga terlalu kecilnya penghantar tegangan yang anda gunakan.

Kerusakan Kapasitor. Putaran mesin pompa air melambat juga erat hubungannya dengan komponen yang satu ini.

Untuk motor listrik 1 fasa sudah barang tentu menggunakan kapasitor sebagai starter run yang berfungsi untuk membantu kumparan utama memulai putaran.

Kapasitor dengan kerusakan ringan masih memungkinkan untuk melakukan fungsinya namun akan berdampak pada putaran mesin yang bergerak tidak  normal (lemah atau melambat). Tanda kerusakan komponen ini biasanya secara fisik terlihat melepuh, kembung pada bodinya.

Kapasitor dengan kerusakan berat biasanya sudah tidak sanggup lagi untuk menjadi starter run. Ditandai dengan mesin pompa air yang hanya terdengar mendengung namun tidak berputar. Solusinya adalah dengan mengganti kapasitor yang baru.<pompair.com>

136 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf untuk respon yang lambat karena komentar yang masuk sangat banyak, dan bagi yang tidak mendapatkan reply, kemungkinan komentar masuk ke folder spam karena kepadatan server kami

Advertisement