test

Fungsi Kapasitor Pada Mesin Pompa Air dan Cara Analisa Kerusakannya

Cara Memasang atau Mengganti Kapasitor Pompa Air – Masalah apabila pompa air dirumah anda bisa dinyalakan namun mesin tidak berputar dan hanya mengeluarkan suara berdengung, biasanya masalah terdapat pada kerusakan motor running kapasitornya.

Sehingga Mesin pompa air tidak bisa start. Kapasitor adalah alat yang dapat menyimpan muatan listrik atau energi dalam medan listrik.

Pompa Air juga menggunakan kapasitor sebagai penyimpan energi. Kapasitor yang terdapat pada pompa air berfungsi untuk starting pertama ketika pompa air dihidupkan.

Setelah pompa air menyala maka aliran listrik ke kapasitor akan terputus dengan sendirinya.

Penampakan fisik dari kapasitor yang rusak biasanya ada bagian atas kapasitor yang menggelembung, body kapasitor pecah atau retak.

Dalam suatu kasus ada kapasitor yang sudah rusak namun tidak ada ciri-ciri kerusakan fisik yang tampak.

Bagaimana cara periksa kapasitor yang masih berfungsi normal atau sudah rusak? Hal ini bisa kita akali dengan cara sederhana.

Colokkan kedua kabel kapasitor ke stop kontak listrik dirumah agak sesaat, masing-masing dicolokkan ke api dan massa.

Lakukan dengan hati-hati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti bahaya kesetrum. Setelah itu cabut dan coba lekatkan kedua ujung kabel, apabila muncul percikan api maka kapasitor masih dalam keadaan baik, karena masih bisa menyimpan arus listrik.

Kalau tidak ada menghasilkan percikan api berarti kapasitor sudah rusak dan perlu diganti.

Lalu bagaimana cara mengganti kapasitor mesin pompa air ? Dalam contoh kasus ini kami menggunakan pompa air Shimizu PS 128 Bit:

 

  • Pertama buka box pengaman kapasitor yang ada pada body mesin pompa air.

Buka kapasitor dengan melepas kabelnya dan segera bawa ke toko pompa air untuk membeli kapasitor yang sama, atau kapasitor sejenis yang cocok dengan pompa air anda.

Jangan lupa untuk mencatat merk pompa air anda, untuk memudahkan pihak toko untuk mencari kapasitor pengganti apabila kapasitor yang sama persis tidak tersedia.

  • Pasang kembali kapasitor pada pompa air dan jangan lupa untuk membungkus sambungan kabel dengan selotip hitam, atau dengan karet pengaman sambungan kabel, untuk menghindari korsleting listrik apabila kabel terkena air.

Pasang kembali box pengaman kapasitor dengan benar agar air tidak dapat masuk melalui celah yang terbuka apabila box pengaman dipasang dengan cara yang salah.

Kalau tidak ada kerusakan lainnya maka pompa air anda akan bekerja normal seperti sedia kala.

Admin
Aktifitas offline sebagai tukang instalasi pipa air dan instalasi listrik. Menulis blog untuk berbagi pengalaman dan menambah persahabatan.   Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar disini. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung di POMPAIR.com
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini