test

Air Sumur Keruh dan Lama Tidak Dipakai: Solusi dan Cara Mengatasinya

Mendapati air sumur yang keruh karena lama tidak dipakai sebaiknya jangan langsung dipasang mesin pompa air karena akan dapat timbul berbagai persoalan dikemudian hari yang justru akan sangat merepotkan.

Banyak dari pembaca web ini yang menanyakan tentang kejadian mesin pompa airnya  tiba tiba macet padahal kondisi masih baru. Dan ketika dikonfirmasi ternyata sumber persoalannya adalah sama yaitu pompa dipasang pada sumur yang sudah lama tidak dipakai.

Memasang pompa air pada sumur yang lama tidak dipakai

Yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah ketika akan memasang mesin pompa air khususnya pada sebuah sumur yang sudah lama tidak dipakai. Biasanya kondisi sumur yang lama mengendap karena tidak ada aktifitas maka kualitas airnya tidak akan bisa bagus.

Jika dalam waktu lama tidak dilakukan penyedotan, biasanya sumber mata air akan tertutup oleh endapan lumpur yang bisa saja sudah mengeras.

Maka dari itu banyak persoalan yang terjadi jika langsung memasang pipa hisap pompa tanpa mengurasnya terlebih dahulu. Karena ada kemungkinan pompa akan kehabisan sumber air atau bahkan tidak dapat menyedot sama sekali.

Sumur kehabisan sumber mata air

Tanda tanda sumur yang kehabisan sumber air adalah ketika pompa dihidupkan maka akan keluar air beberapa saat saja. Selanjutnya akan kosong dan tentu saja membuat anda panic berfikir bahwa pompa mengalami masalah.

Untuk memastikan apakah ini benar disebabkan oleh sumber air, maka diamkan pompa untuk beberapa saat untuk menunggu kapasitas stok air kemudian hidupkan pompa lagi.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara menentukan lokasi sumber mata air sumur bor serta artikel menarik lainnya tentang kedalaman sumur bor yang baik untuk kebutuhan air bersih.

Air sumur keruh dan berbau

Jika mendapati air yang dikeluarkan oleh pompa tampak keruh dan menimbulkan bau, bisa jadi adalah karena endapan lumpur masih belum terlalu banyak dan ketika pipa hisap masuk maka menjadikan air sangat keruh.

Selama mesin pompa air mampu menghisap, maka biarkan melakukan pengurasan sampai anda dapati air menjadi jernih dan bau nya akan semakin menghilang.

Sumur sudah penuh dengan lumpur

Tanda bahwa sumur lama anda sudah penuh dengan kotoran endapan lumpur adalah ketika mesin pompa dipasang maka akan sulit untuk menyedot air. Biasanya harus sedikit di guncangkan bagian pipa hisapnya agar dapat membantu memecah endapan lumpur.

Kesimpulannya, kondisi baik sumur bor ataupun sumur besar jika memang lama tidak digunakan maka sebaiknya dilakukan pengurasan dulu sebelum dipasang sebuah mesin pompa. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh tukang sumur yang mana mereka akan paham dan memiliki peralatannya.

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

32 KOMENTAR

  1. numpang tanya masbro,

    sebenarnya untuk sumur bor yang sampai sekarang masih rutin dipakai itu bisa diperdalam atau tidak?

    pihak toko penjual pompa bilang ke saya bahwa istilah memperdalam sumur itu hanya akal-akalan semata dari pihak penggali sumur, karena mustahil mengganti casing yang sudah ada.

    sedangkan dari pihak pemborong menyarankan agar diperdalam karena air dirumah saya masih lapisan atas (rumah saya saat ini sedang dalam proses renovasi)

    terima kasih untuk jawabannya masbrow, salam.

  2. Gan…pompa saya klau dihidupkan airnya keluar kecil..selang beberapa menit airnya tdk keluar sama sekali. Mohon petunjuk gan…ap penyebabnya trims…

    • Masalah pompa air mengeluarkan debit yang kecil sangat komplek sekali, mohon di informasikan type pompa, kedalaman sumur, jarak pompa dengan sumur, lalu jarak pompa dengan saluran pipa keluar (tandon) agar kami dapat membuat analisa lebih akurat.

  3. Pak saya mengontrak rumah sudah 1,5 tahun. menggunakan sumur bor dengan mesin jet pump. tadinya tidak apa2, airnya meskipun tidak jernih dan sedikit berbau namun masih bisa sy pakai untuk mandi dan cuci piring.
    tapi beberapa minggu lalu air mulai sering tidak keluar dan harus dipancing dulu agar bisa keluar. dan sudah hampir 2 minggu ini air malah jadi keruh kecoklatan dan berbau busuk (maaf sprti bau kotoran). sudah sy coba menggunakan saringan carbon, namun tidak banyak perubahan. juga sempat sy coba masukkan bubuk tawas, lalu besoknya saya kuras hasilnya lumayan bersih tapi sehari kemudian kembali keruh dan berbau.

    Saya kurang mengerti tentang mesin dan kedalamannya berapa. tapi posisi sumur bor terletak dekat dgn septic tank sekitar 1.5 meter. septic tank juga sepertinya tidak penuh.

    bisa tolong saya solusinya pak?

    • Sepertinya masalah sumur tersebut akibat adanya pencemaran atau resapan dari lingkungan. Penggunaan serbuk penjernih ataupun zat lainnya hanya akan bersifat semnetara karena aliran sumber air adalah dinamis.

      Solusinya adalah dengan membongkar terlebih dulu unit pompa beserta insatalasi pipa hisapnya kemudian periksa kedalaman total mulai dari bibir sumur hingga dasar sumur.
      Selanjutnya ukur kedalaman level air mulai dari bibir sumur hingga permukaan air. Hal ini untuk menganalisa posisi sumber air. Hal yang paling penting dari sumur bor adalah pastikan telah terpasang pipa casing hingga ke dasar sumur untuk mencegah terjadinya resapan dan pencemaran.

      Masalah pompa minta dipancing adalah karena ada kebocoran pada bagian pipa hisap atau tusen klep (foot valve).

  4. Mas, saya mau tanya..saya baru saja buat sumur bor dg kedalaman +- 16m..jika air d kuras terus menerus, air akan bening..tapi setelah itu akan kotor lagi (air bening di bak hanya bertahan 2-3hari) dan langsung ada endapan warna merah/kecoklatan di bak mandi, sehingga harus sering kuras toren agar air bening lagi..ini sudah 1 bulan dari pengeboran, apakah hal itu wajar? Sampai kapan biasanya air akan benar2 bening dan tidak akan membawa endapan n pasir lagi mas? Terima kasih atas jawaban n bantuannya..

    • Kondisi sumber mata air yang demikian memang agak lama bisa jernih secara alami disebabkan karena jalur mata air pengeboran tepat pada spot yang kurang bagus.

      Antisipasinya adalah dengan memasang pipa casing sampai kedasar sumur untuk menghindari pencemaran resapan dari air permukaan dan lingkungan. Kemudian sumur harus aktif digunakan sesering mungkin agar terjadi sirkulasi dan perubahan pada sumber mata airnya.

    • Oo begitu ya mas..casing yg d pasang adalah 3 pipa mas..tanah dirumah saya adalah tanah merah, apakah ada pengaruh dari itu jg mas? apakah ada kemungkinan air saya itu mengandung zat besi mas? Beberapa artikel mengatakan ciri2 air mengandung zat besi adalah adanya endapan..apakah benar mas? Jika saya menggunakan filter, apakah bisa mengatasi masalah ini mas?

    • Memang solusi paling efisien adalah menggunakan filter air dari pada mencari sumber air dalam yang harus membuat pengeboran lagi dengan biaya relatif besar.

  5. malam mas
    saya mau tanya, saya punya sumur dengan kedalaman10-11meter dan tetangga saya menyarankan utk memakai pompa air seperti shimizu ps130bit. tapi setelah saya liat infonya pompa itu hanya memiliki daya hisap max 9meter apa tidak masalah jika dipakai dengan sumur kedalam10-11m??
    jarak rencana penempatan pompa dengan bak penampungan air/kamar mandi sekitar 4-5m. terima kasih

    • Perhitungannya begini, baca spek pompa dengan teliti. jika memiliki daya hisap 9 meter, maka pemasangan pipa hisap tidak boleh melebihi dari panjang yang sudah ditentukan tersebut untuk mendapatkan kinerja pompa paling optimal.

      Kalaupun harus dipaksa untuk kedalaman melebihi standartnya maka harus merubah ukuran pipa hisap turun 0,25 dari ukuran standart. Misal aslinya diameter 1 inch maka bisa diganti ukuran 3/4 beserta tusen klep nya.

      Dengan cara ini pompa akan bertambah daya hisapnya sekitar 25% dari spek asli yaitu (0,25×9)+9 =11,25 meter.

  6. Saya mempunyai masalah soal air keluar yg bening tapi agak keruh( keruh dikit), misal nya saya isi penuh ember itu pertama masuk agak keruh kalau didiamkan bening dan kalau di aduk agak keruh lagi. Itu kira-kira masalahnya apa ya… Itu terjadi pas saya ganti klep, angkat pipa kemarin sampai 3 kali… Nah pas itu angkat itu air nya keruh

    • Disebabkan karena proses perbaikan, maka didalam sumur terjadi peleburan endapan yang sebelumnya telah banyak namun dalam kondisi mengendap. Memang dibutuhkan waktu agak lama untuk mendapatkan kondisi air sampai netral kembali. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan sering membuang aliran air.

  7. Kira kira sampai kapan sumur yang kami buat berhenti mengeluarkan pasir krn, sudh 3 bulan msih juga mengeluarkan pasir

    • Biasanya untuk tekstur lapisan pasir akan terus terbawa oleh sumber air. Solusinya adalah mengangkat kedudukan pipa hisap sedikit lebih tinggi diatas level endapan.

  8. Mas admin, mau tanya saya baru saja bor titik baru 15Meter air keluar bening tetapi pasir terbawa, bagaimana mengatasinya?makasih

    • Harus dipasang pipa casing hingga kedasar lubang sumur. Kemudian pemasangan pipa hisap sebaiknya diberikan spasi yang aman dari dasar sumur.

  9. mas, mau tanya saya berencana untuk membuat filter sendiri hanya untuk menyaring pasir.
    rencana filter tersebut saya pasang setelah mesin pompa (semi jet pump) sebelum torn.
    Saya punya beberapa opsi media penyaringnya,
    1. Spons saja
    2. Spons+Kapas filter
    3. Kapas filter saja
    4. Kapas filter + ijuk
    5. Spons + ijuk
    Mohon sarannya serta kekurangan dan kelebihan media pilihan mas admin.
    terima kasih

    • Untuk kami pribadi memang tidak pernah mempraktekkan satu persatu dari 5 option seperti yang bapak sebutkan. Namun apabila filter hanya ditujukan untuk menyaring partikel pasir, tentunya secara teori adalah memilih material filter yang dapat menghambat partikel pasir yang mana tingkat kehalusannya tidak seperti lumpur.

      Sangat berbeda denga filter yang harus menggunakan teknologi nano dan pressure yang mana partikel dengan ukuran micron (bau, keruh) pun dapat tersaring.

  10. Pagi mas, saya mau tanya nih..
    saya beli rumah baru, nah sumur bor rumah saya awalnya baik (2 Minggu yang lalu), jernih dan tidak berbau. kemarin ada perbaikan pipa hisap dan
    sekarang hasil airnya keruh dah mengandung butiran seperti besi berwarna hitam.
    terkadang setelah 3 jam hidup butiran besinya hilang tapi warna keruhnya masih kelihatan. hampir tidak pernah saya jumpai kualitas air seperti 2 minggu yang lalu.
    informasi yang saya terima itu sumur sampai 12 meter cuman kedalaman pipa hisap 6 meter (1 Batang pipa 3/4). Mesin pompa saya pakai SIMIZU pipa Input 3/4″ dan output 1/2″.
    boleh saya sambung pipa 4 meter lagi ? atau ada solusi lain mas? mohon pencerahan… Thanks..

    • Apabila sumur lama biasanya sudah memiliki banyak endapan. Berhubung baru saja dilakukan perbaikan pada pipa hisap maka kemungkinan endapan tersebut akhirnya terurai.

      Persoalan ini akan cukup sulit di atasi apabila lubang sumur tidak terpasang pipa casing dengan baik. Jadi langkah yang harus ditempuh adalah dengan menguras sumur terlebih dahulu dengan memasang pipa hisap hingga kedasar sumur supaya bisa mengangkat semua endapan.

      Apabila dirasa sudah cukup maka selanjutnya pemasangan pipa hisap yang permanen tetap diberikan interval yang aman dari dasar sumur minimal 100cm dari dasar.

  11. Mas, mohon solusi untuk sumur kedalaman 6 meter, dengan tambahan pipa casing 3 meter kedalam/ (bor tambahan), kondisi air keruh dan kuning, dulu sempat saya ganti pipa hisap karna penuh dengan kerak kuning, saya rasa dasar dari sumur saya berupa lumpur, nah untuk mengatasinya, saya berencana menambah atau memasukan pasir kedalam casing pipa hisap, menurut mas, cara tersebut efektif nggak atau ada solusi berdasarkan kondisi diatas mas. Makasih sevelumnya

    • Pada lokasi tertentu memang kadang memiliki sumber air yang mengandung endapan kuning khususnya pada wilayah dengan kedalaman sumber air dangkal,

      pengalaman kami ialah dengan menambah kedalaman sumur sampai melewati level tanah tersebut kemudian memasang pipa casing sampai dasar sumur tanpa ada kebocoran. Sehingga sumber air yang di ambil ialah pada level dibawahnya lagi.

  12. Terimakasih mas, berarti cara yang akan saya praktekan nggak berfungsi ya? Berarti emang harus mengebor lagi hingga dapat sumber air dibawahnya lagi.

    • Memang lebih baik mencari sumber air terdalam supaya lebih murni dan mengurangi resiko terjadinya pencemaran dan resapan dari permukaan

  13. Hallo Gan, saya baru nempati tempat tinggal baru. Tempat tersebut ga kepakai 2thn. Pertama tinggal disana saya pikir airnya keruh karena lama ga di gunakan. Saban hari saya hidupin pompanya minimal 2jam. (Pipa dari pompa ke tangki saya copot) untuk kuras maksudnya..
    Setelah seminggu kondisi ga berubah. Karena saya ga tau spec sumur bor ini Dari awal akhirnya saya panggil tukang sumur bor untuk pasang pipa 3″ 4meteran 10batang dan 1″ 4meteran 9batang sekalian ganti pompa menggunakan submersible merk “YORK” dengan harapan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tapi hasilnya mengecewakan, baru keluar dari pipa masih jernih, namun setelah 30menit di diamkan air tersebut berubah warna menjadi kecoklatan lagi. Mohon pencerahannya Gan..

    Indra. 08176355758

    • Saya punya sumur bor kedalaman 17m setiap dipakai keluar air jernih cma sbntar.lalu keluar lumpur dan lama kelamaan g keluar sama sekali airnya .. mohon solusinya apa yang harus saya lakukan

  14. Mas saya baru bor air tapi sudah dua hari saya kuras belum bening bening airnya kira kira masalahnya di mana ya
    Kedalaman +-30 m cashing 2 pipa, terima kasih…

  15. Kak izin bertanya, saya ngebor kedalaman 36 Meter, saya pakei submersible saya taruh dalam kedalaman 32 meter…
    Yg saya mau tanyakan, kenapa ya setiap air nyala dalam rentan waktu 2-3 menit itu airnya keruh berwarna merah tetapi selanjutnya jernih lg…. Mohon bantuan penjelasan dan solusinya kak… Makasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini