Agar Pompa Air Hemat Listrik, dan Lebih Efisien

Membuat mesin pompa air menjadi lebih hemat listrik dan efisien dalam penggunaanya akan memberikan manfaat yang sangat positif dimana saat ini biaya listrik yang selalu naik ditambah dengan kondisi ekonomi yang kurang stabil khususnya kalangan menengah kebawah.

Dari pemakaian listrik sehari-hari, ada sesuatu yang perlu untuk diketahui bahwa biaya tagihan yang harus di bayar konsumen ternyata tidak semua dapat digunakan secara maksimal, artinya masih banyak pemakaian energy listrik dalam sehari hari yang tidak sesuai dengan keperluan.

Hal ini terjadi karena beberapa alat elektronik yang sudah menjadi perlengkapan rumah tangga terkadang tidak difungsikan secara optimal. Maksudnya adalah masih banyak pemakaian listrik yang sebenarnya sia sia dan konsumen tidak menyadarinya termasuk penggunaan mesin pompa air.

Sebuah mesin pompa air dapat menjadi alat yang paling boros listrik apabila penggunanya tidak bisa memahami dimana letak kesalahannya secara teknis.

Cara membuat pompa air hemat listrik

Agar-pompa-air-hemat-listrikBerikut adalah kondisi dimana sebuah unit pompa menjadi sangat boros pemakaian listrik dan bagaimana solusi mengatasinya.

Menggunakan Otomatis pompa air

Type tertentu dari mesin pompa memiliki komponen yaitu saklar otomatis yang bekerja dengan tekanan air (pressure switch) yang biasanya menempel pada body mesin. Dengan komponen ini akan membuat kerja pompa menjadi otomatis ketika kran di buka pompa akan hidup dan begitu pula sebaliknya.

Memang sekilas tampak praktis karena tidak memerlukan cara manual untuk menghidupkan dan mematikan mesin pompa. Namun perlu dipahami bahwa ketika kran ditutup meskipun air sudah berhenti akan tetapi mesin masih terus menyala hingga mencapai tekanan tertentu guna memicu saklar otomatis sampai listrik terputus dan mesin off.

Disinilah letak pemborosan energy listrik yang sangat tidak efisien yang mana mesin pompa ketika hendak mencapai tekanan tersebut justru menyedot daya listrik yang sangat besar sedangkan pengguna sudah meninggalkan kran air yang tertutup.

Coba anda analisa saja bagaimana jika dalam sehari ada beberapa anggota keluarga yang sering buka tutup kran, sudah barang tentu akan banyak listrik yang terbuang percuma.

Sebagai solusi mengatasi hal ini adalah dengan memasang tandon air atau profil tank yang juga turut dipasangkan sebuah saklar pelampung (radar). Dengan memiliki tandon air artinya mesin pompa tidak selalu hidup dan mati lebih sering karena saklar pelampung dapat diatur sesuai dengan kebutuhan air serta setok air yang akan di simpan. Baca juga tentang merencanakan listrik untuk kebutuhan rumah tangga.

Kesimpulannya, jika sudah memiliki tandon air, tentu saja komponen otomatis bawaan unit pompa sudah dapat di non aktifkan dan sebagai gantinya adalah tugas pelampung radar yang akan menjadi saklar on off mesin tanpa adanya jeda menunggu tekanan air. Dan cara ini sudah jelas akan membuat pompa air lebih hemat listrik mengingat hanya akan menyala pada periode tertentu tanpa start dan stop yang terlalu sering. <pompair.com>

63 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf untuk respon yang lambat karena komentar yang masuk sangat banyak, dan bagi yang tidak mendapatkan reply, kemungkinan komentar masuk ke folder spam karena kepadatan server kami